Sebelum Beli Rumah, Ketahuilah Strategi Beli Rumah Berikut Ini

Memiliki rumah sendiri tentunya menjadi sebuah impian bagi setiap orang, apalagi bagi yang telah berkeluarga bahkan pasangan yang akan atau telah menikah. Sudah menjadi sebuah trend, atau bahkan kebutuhan pokok bagi setiap pasangan muda yang ingin mandiri dalam berkeluarga. Dengan demikian maka tak jarang yang memilih untuk mengontrak rumah.

Sebelum Beli Rumah, Ketahuilah Strategi Beli Rumah Berikut Ini

Sebenarnya, Anda bisa menggunakan strategi beli rumah dengan mudah tanpa Anda harus mengontrak. Seperti yang Anda ketahui, bahwa mengontrak akan membuat biaya hidup menjadi semakin meningkat.

Dengan demikian maka Anda harus memiliki strategi beli rumah yang tepat. Diantaranya yaitu:

1. Membuat rencana

Strategi beli rumah yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat rencana. Dalam hal ini, maksudnya adalah jangan hanya berucap akan membeli rumah, namun juga harus memiliki niatan.

Jika Anda sudah berkeluarga, tentunya rencanakan membeli rumah bersama keluarga. Sebab jika dilakukan direncanakan bersama maka waktu untuk membeli rumah akan bisa cepat. Apalagi dengan bersama-sama maka strategi beli rumah selanjutnya akan dilaksanakan dengan baik.

2. Mengetahui harga pasaran

Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui harga rumah di pasaran, terutama harga rumah di lokasi yang Anda inginkan. Strategi beli rumah yang perlu Anda lakukan dalam hal ini yaitu dengan melakukan survei ke lokasi atau dengan menanyakan pada marketing atau agen properti. Hal tersebut berfungsi agar Anda bisa mempersiapkan uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan sistem KPR, maka Anda harus mengetahui bagaimana sistem KPR. Umumnya dalam sistem tersebut dana untuk uang muka dihitung dengan 10% dari harga rumah. Dan selanjutnya Anda bisa mencicil dengan perbandingan 1:3 dari pendapatan atau gaji Anda.

Misalnya Anda memiliki gaji 9-10 juta per bulan, maka uang yang digunakan untuk mencicil adalah 1/3 dari gaji, yaitu 3 juta per bulan. dan perlu Anda ketahui, harga rumah per bulannya bisa meningkat hingga 10% bahkan 30%.

3. Hindari hidup konsumtif

Jika Anda berencana membeli rumah, tentunya Anda harus bisa menghindari pola hidup konsumtif. Dengan demikian maka Anda harus bisa berkomitmen mengubah gaya hidup dengan hanya menggunakan penghasilan untuk membeli keperluan yang prioritas dan pending saja. Hindari membeli barang mewah, sebab itu hanya perlengkapan dan tidak terlalu penting.

4. Survei lokasi

Menentukan pilihan rumah mana yang akan Anda beli tentunya sangat penting. Dalam memilih rumah, sebenarnya sesuaikan dengan kebutuhan dan keuangan. Lokasi juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan, sebaiknya pilih di lokasi yang strategis.

5. Mulai menabung

Jika Anda ingin membeli sebuah rumah, maka strategi beli rumah yang paling utama adalah menabung. Membeli rumah memang tak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, apalagi bagi yang tidak memiliki cukup banyak uang.

Cara menabung yang bisa Anda lakukan adalah dengan menabung dalam dinar emas. Mengapa? Sebab dinar emas, setiap tahunnya akan semakin naik. Sehingga jika Anda membeli dinar emas sekarang, maka kemungkinan besar suatu hari nanti jika dijual maka akan mengalami kenaikan harga.

Hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap rumah yang Anda beli. Misalnya Anda telah menargetkan sebuah rumah dengan harga 300 juta, tentunya setiap tahun akan mengalami kenaikan harga. Dengan demikian, jika Anda menabung dengan dinar emas, yang semakin hari harganya bisa naik, maka harga rumah yang semakin naik akan bisa Anda capai.

6. Membeli rumah impian

Meski sebelumnya Anda telah memilih rumah yang ditargetkan, namun sebenarnya Anda bisa mencari rumah lain di lokasi lain pula. Hal tersebut akan bermanfaat supaya Anda bisa menemukan rumah yang lebih baik di lokasi yang strategi serta dengan harga yang terjangkau sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Tentunya jika uang tabungan Anda cukup tentunya Anda tak perlu ribet lagi untuk mencari dana lain. Apalagi jika untuk membeli rumah yang telah Anda tabung terdapat sisa setelah digunakan untuk membeli, tentunya akan sangat menguntungkan karena bisa Anda gunakan untuk keperluan lain.

Membeli rumah memang tak bisa dilakukan dengan waktu yang singkat atau cepat, sehingga membutuhkan strategi beli rumah yang tepat. Dengan langkah-langkah membeli rumah tersebut, tentunya memudahkan Anda untuk mendapatkan rumah impian.