Pertimbangan Pengembang Saat Beli Perumahan

Bisnis perumahan saat ini telah banyak diminati, sebab prospek ke depannya sangat menjanjikan. Namun dalam membeli perumahan tentunya pengembang membutuhkan pertimbangan. Lalu pertimbangan pengembang saat beli perumahan apa yang dibutuhkan?

Pertimbangan Pengembang Saat Beli Perumahan

Untuk menguntungkan seorang pengembang, tentunya pertimbangan yang dilakukan harus sangat matang. Beberapa pertimbangan pengembang saat beli perumahan yang perlu Anda lakukan yaitu:

1. Memilih lokasi yang prospektif

Prospektif dalam hal ini bukan tentang kisaran harga murah tau mahal, melainkan daerah dimana banyak orang yang tertarik untuk tinggal di daerah tersebut dengan berbagai alasan. Sehingga carilah lokasi yang mempunyai daya tarik tinggi.

Pertimbangan pengembang saat beli perumahan yang sangat diperhatikan adalah dimana lokasi perumahan tersebut. Sebab banyak orang yang mencari rumah dengan tempat yang strategis atau dekat dengan fasilitas umum.

Perlu Anda ketahui, lokasi merupakan faktor utama yang paling mempengaruhi pertumbuhan bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda memilih ditempat yang baik, maka kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang dengan pesat.

2. Mempertimbangkan lokasi di luar area tempat tinggal

Banyak orang yang memilih membangun bisnis di daerah tempat tinggalnya. Sebenarnya memang hal tersebut akan memudahkan bisnis untuk ditinjau secara langsung karena lokasinya dekat dengan tempat tinggal.

Akan tetapi, tak semua lokasi di daerah tempat tinggal memiliki lokasi yang prospektif atau strategis. Sehingga pertimbangan pengembang saat beli perumahan yaitu dengan melihat darah luar.

Apa salahnya mencoba bisnis di luar daerah tempat tinggal Anda jika di daerah luar lebih bagus prospeknya. Cara tersebut juga dapat memberi nilai yang lebih aman sebagai aset investasi.

3. Melakukan riset pasar

Pertimbangan pengembang saat beli perumahan selanjutnya yaitu dengan memahami terlebih dahulu trend pasaran yang sedang berlangsung. Bukalah mata Anda dengan lebar, agar mampu memahami potensi keuntungan ataupun kerugian yang akan Anda alami nantinya. Dengan Anda melakukan riset pasar maka kesempatan bisnis Anda untuk berhasil akan semakin tinggi.

Seperti contoh, ketika terjadi masa dimana ekonomi dan properti sedang mengalami kelesuan, maka dapat digunakan sebagai waktu yang tepat untuk melakukan promo atau potongan harga sebanyak-banyaknya. Memang bisanya pengembang akan melakukan berbagai upaya agar menarik pembeli, apalagi jika kondisi pasar sedang sepi.

4. Kapan waktu yang tepat untuk membeli

Membeli perumahan tentunya tak sembarangan kapan untuk membeli. Namun pertimbangan pengembang saat beli perumahan yang harus Anda pahami adalah kapan waktu yang tepat untuk membeli perumahan tersebut.

Prinsip yang digunakan dalam bisnis jual beli perumahan adalah menjual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan saat membeli. Misalnya Anda tertarik dengan sebuah perumahan, dimana harga tahun lalu 300 juta, dan harga tahun ini juga masih sama. Maka ini artinya perumahan tersebut sedang mengalami penurunan harga, sehingga inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk membeli perumahan.

5. Jangan terlalu ambisius

Berdasarkan pengalaman dari milyuner properti, maka Anda perlu memahami bahwa mengembangkan bisnis membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan yang semakin tinggi per bulannya. Begitu pula dengan tarif yang akan Anda sewakan, tentunya juga harus bertahap.

Sehingga pertimbangan pengembang saat beli perumahan yang perlu Anda lakukan yaitu dengan memberikan banderol harga dengan patokan rental yield atau pemasukan per tahun yang bisa dibandingkan dengan harga jual.

Sebagai contoh, jika suatu rumah dijual dengan harga 500 juta, maka harga sewa per bulannya adalah 5%, yaitu 25 juta per bulan. Meskipun begitu, Anda juga tetap dapat menambahkan harga sewa yang lebih tinggi, namun harus sesuai dengan kondisi rumahnya.

6. Melakukan penawaran harga

Sebagai investor, maka pertimbangan pengembang saat beli perumahan adalah dengan melakukan penawaran atau negosiasi harga. Dalam hal ini, sebaiknya dimulai dengan penawaran harga yang rendah terlebih dahulu dan jangan mudah untuk meninggalkan penawaran.

Sebelum melakukan negosiasi tentunya Anda harus memahami pasar terlebih dahulu. Dengan demikian maka Anda harus memperkaya pengetahuan seputar prospek dan kenaikan harga lokasi yang telah Anda pilih.

7. Tentukan apakah akan menggunakan jasa agen atau tidak

Membeli perumahan tentunya membutuhkan pertimbangan yang baik. Bukan hanya bagaimana Anda bisa mendapatkan perumahan yang baik, namun juga bagaimana Anda nantinya akan menjual atau menyewakan perumahan tersebut.

Sehingga pertimbangan pengembang saat beli perumahan yang perlu Anda pahami adalah apakah Anda membutuhkan agen atau tidak dalam menjual atau menyewakan rumah. Jika Anda menggunakan agen, tentunya pilih agen terbaik yang bisa diajak kerja sama.

8. Memperhatikan sumber dana yang diperoleh

Dalam sebuah investasi baik itu perumahan ataupun lainnya tentunya harus merencanakan bagaimana cara pembayaran yang akan dilakukan. Apakah secara tunai, kredit ataupun tunai bertahap. Pertimbangan pengembang saat beli perumahan ini sebenarnya tergantung dengan keadaan. Jika keadaan memungkinkan, maka dengan cara tunai merupakan hal yang paling tepat untuk dipilih.

Dengan pertimbangan pengembang saat beli perumahan ini, maka bisnis properti yang akan Anda jalankan bisa berjalan dengan baik. Sebab sebuah bisnis akan dapat berkembang jika memiliki banyak pertimbangan yang matang.