Persyaratan KPR dan Keuntungan Menggunakan KPR

Memiliki rumah pribadi merupakan impian setiap orang, namun kadang faktor biaya yang menghalangi untuk memiliki rumah tersebut. Harganya yang mahal masih sulit untuk dijangkau oleh sebagian orang. Namun sekarang ini sudah ada alternatifnya yaitu dengan program KPR (Kredit Pinjaman Rumah) dengan DP ringan dan cicilan yang murah.

Persyaratan KPR dan Keuntungan Menggunakan KPR

Namun perlu Anda ketahui, bahwa dalam proses pengajuan KPR tidaklah selalu disetujui, banyak yang mengalami penolakan karena kurangnya informasi mengenai persyaratan KPR.

Jadi jangan sampai nasib tersebut Anda amali, oleh karena itu berikut ini ada informasi mengenai persyaratan KPR dan keuntungan menggunakan KPR.

1. WNI

Salah satu persyaratan KPR yang utama adalah WNI, jadi untuk mengajukan KPR diwajibkan orang Indonesia, terlebih lagi yang belum memiliki rumah pribadi. Karena program pemerintah adalah supaya masyarakat Indonesia memiliki rumah pribadi. Dengan kata lain WNA tidak bisa untuk mengajukan KPR di Indonesia.

2. Usia Minimal 21 tahun / Sudah menikah

Persyaratan selanjutnya adalah dengan usia minimal 21 tahun. Jadi yang usianya belum mencapai 21 tahun tidak bisa mengajukan KPR. Namun Jika usia belum mencapai 21 tahun tetapi sudah menikah, biasanya syarat tersebut diperbolehkan karena sudah menikah. Dan usia di atas 21 tahun sudah bisa bertanggung jawab terhadap cicilan setiap bulannya.

3. Persyaratan Pekerjaan dan Penghasilan

Persyaratan KPR yang ke 3 adalah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap. Yang dimaksud adalah minimal 2 tahun pekerjaan itu sudah dilalui. Dan biasanya pihak Bank akan memperhitungkan gaji Anda sebagai acuan Kredit. Rata-rata besarannya adalah 30-33% dari total gaji yang didapat. Gaji yang dimaksud adalah gaji bersih yang sifatnya rutin setiap bulan.

4. Rekening Koran

Sebuah rekening koran atau buku tabungan biasanya diperlukan oleh pihak Bank untuk memastikan kebenaran sebuah slip gaji. Semisal saldo yang ada di buku tabungan sebesar 300 ribu rupiah namun transaksinya cocok maka bisa dianggap baik oleh Bank. Namun sebaliknya jika saldo mencapai 100 juta namun transaksinya dirasa mencurigakan maka akan ditolak.

5. Kelengkapan Dokumen

Persyaratan KPR selanjutnya adalah kelengkapan dokumen, hal ini sangat penting dalam pengajuan KPR. Beberapa persyaratannya adalah:

  • Fotokopi KTP Pemohon (suami istri apabila sudah menikah)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi NPWP dari salah satu suami atau istri
  • Fotokopi Akte Menikah (Apabila sudah menikah)
  • Fotokopi Akte Kelahiran pemohon
  • Fotokopi Rekening tabungan (3 bulan terakhir)
  • Fotokopi Slip gaji 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi SK terbaru ( Pegawai )
  • Fotokopi SIUP, NPWP Perusahaan, TDP ( Pengusaha )

6. Rekam Jejak yang Baik

Persyaratan KPR yang terakhir adalah rekam jejak yang baik. Pemohon akan kesulitan dalam pengajuan KPR apabila pernah diblacklist oleh pihak Bank. Beberapa kasus yang menyebabkan blacklist adalah tidak membayar kartu kredit, terlambat dalam mengangsur atau catatan buruk lainnya. Jika Anda mempunyai rekam jejak yang baik maka akan dimudahkan dalam pengajuan.

Dan berikut ini beberapa keuntungan apabila menggunakan KPR:

1. Angsuran Ringan

Banyak bank yang sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk masalah KPR ini. Saat ini juga sudah banyak rumah yang angsurannya sangat terjangkau yaitu sebesar 800.000 per bulan selama 15 tahun. Jadi dengan demikian tidak begitu berpengaruh terhadap kondisi keuangan Anda untuk memiliki Rumah pribadi.

2. DP Terjangkau

Pembayaran DP atau uang muka yang sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat Indonesia, biasanya hanya sebesar 1-10% dari nilai rumah yang akan diKPRkan. Dan biasanya juga ada program pemerintah untuk meringankan DP sehingga Anda bisa dengan mudah mendapatkan rumah yang anda Idamkan tersebut.

3. Pengembang yang baik

Kebutuhan akan rumah yang tinggi akan membuat para pengembang ikut serta dalam mewujudkan Rumah murah ini, jadi beberapa pengembang yang baik reputasinya yang dipilih oleh pemerintah untuk program perumahan KPR dengan biaya yang murah.

4. Lokasi strategis

Banyak pengembang yang memilih lokasi yang strategis untuk membuat sebuah perumahan, akses jalan yang mudah serta beberapa fasilitas umum biasanya mudah untuk didapatkan seperti pasar dan sekolahan. Dan biasanya tidak jauh dari pusat sebuah kota, jadi tidak menyulitkan konsumen ketika memilih sebuah lokasi perumahan tersebut.

5. Material berkualitas

Harga murah tidak serta merta membuat pengembang memilih material yang biasa-biasa untuk membangun sebuah rumah. Pemilihan material yang bagus tetap menjadi tujuan utama dalam mengembangkan sebuah perumahan KPR yang murah tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kualitas dari bangunan yang akan Anda huni.

Itulah informasi mengenai beberapa persyaratan KPR dan keuntungan menggunakan KPR yang bisa Anda pelajari dan pahami, semoga dengan memahami hal tersebut proses pengajuan KPR anda bisa berjalan dengan mulus dan Anda bisa memiliki sebuah hunian yang selama ini Anda idam-idamkan bersama keluarga Anda.